Sejarah hingga Spesifikasi Mobil Isuzu Panther yang Digemari Masyarakat

0
51
sejarah mobil isuzu panther

Tentu mobil Isuzu Panther udah tidak asing lagi bagi di pasar otomotif. Mobil keluarga berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini memiliki mesin diesel. Dengan spesifikasi mobil Isuzu Panther ini, wajar saja mobil ini sempat berjaya dan digemari tahun 1991 hingga 2000-an. Sesuai dengan perkembangan sejarah mobil Isuzu Panther ini, spesifikasinya pun juga ikut berkembang dari generasi ke generasi. 

Mesin diesel yang diusungnya terbukti tangguh dan mampu menempuh jarak jauh namun irit bahan bakar. Sebagai mobil keluarga, Isuzu Panther ini memiliki kesan klasik dan mampu membawa banyak penumpang.

Spesifikasi Mobil Isuzu Panther

spesifikasi mobil isuzu panther

Tidak lengkap rasanya membahas spesifikasi mobil Isuzu Panther tanpa membahas dari perjalanan sejarah mobil Isuzu Panther di Indonesia. Mobil Isuzu Panther sudah rilis sejak tahun 1991 dengan mesin berkode c223 yang memiliki kapasitas mesin 2238 cc OHV dengan teknologi indirect injection. Sehingga wajar jika Panther mampu melaju maksimal karena mesinnya menghasilkan tenaga hingga 58 dk di putaran mesin 4500 rpm.

Isuzu Panther generasi pertama ini memiliki 4 tipe yaitu Hi Grade, Total Assy, Royale, dan Standard. Sedangkan Isuzu Panther generasi kedua berapasitas mesin 2500 cc OHV dengan tipe direct injection yang menghasilkan tenaga 86 dk di putaran 3900 rpm. Tentu saja generasi kedua ini memiliki beberapa tipe yaitu Standar, Deluxe, Rpyal, Grand Royal, New Royal, Hi- Grade, Hi Sporty, serta New Hi-grade.

Sedangkan Isuzu Panther tahun 2000 memiliki spesifikasi mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Mesin pada generasi ini berkode 4JA1 2500 cc OHV direct injection namun mesinnya tidak lagi berjenis diesel sebab tidak ramah lingkungan. Mobil tahun 2000 ini juga memiliki tampilan yang cukup dinamis yang membuatnya berbeda dari generasi sebelumnya. Namun ciri khas dari Isuzu Panther tetap terlihat, dengan adanya bagian lampu depan. PEmbenahan juga dilakukan pada desain speedometernya, pintu belakanng, rear tow hook, model ban serep. Generasi ketiga ini memiliki beberapa tipe yaitu SM, LM, SV, LV, SS, LS, Touring, serta Grand Touring.

Sebagai generasi perbaikan, Isuzu Panther tahun 2005 dirilis guna memperbaiki kekurangan Isuzu Panther dengan melakukan perombakan di bagian specknya. Mesin yang digunakan tetap sama dengan generasi ketiga, namun dengan menggunakan mesin baru yang diberi turbo sehingga semakin ramah lingkungan serta sesuai dengan standar EURO. Mobil Isuzu generasi ini bertahan hingga sekarang.

Pada Panther generasi keempat ini, lampu didesain lebih modern dan adanya perubahan gill yang lebih mewah. Beberapa tipe yang diusung pada generasi ini yaitu Smart FF,, Smart, LV FF, LV, LS Turbo, Touring, dan juga Grand Touring.

Kelebihan Mobil Isuzu Panther

Mobil Isuzu Panther ini memang terkenal dengan mesin yang diusungnya yang handal sehingga mampu melaju di jalan yang menanjak serta irit bahan bakar. Isuzu menjadi bintang mesin diesel dan diklaim sudah menggunakan bahan bakar jenis injeksi. Bahkan produk Isuzu ini juga digunakan untuk transportasi besar seperti truk, alat berat, kapal, dan sebagainya. Isuzu juga disebut menjadi produsen mesin untuk mobil Chevrolet dan Holden.

Kelebihan lainnya adalah kapasitas untuk mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah banyak. Termasuk pengemudi, mobil Panther ini bisa mengangkut hingga 9 orang. Wajar jika Isuzu menjadi mobil pilihan keluarga dan mendapatkan tempat di hati penggunanya.

Perjalanan sejarah Mobil Isuzu Panther di Indonesia cukup lama. Mobil yang pertama kali dikembangkan di Jepang ini punya nama yang berbeda-beda sesuai dengan negara produksinya, namun dengan spesifikasi mobil Isuzu Panther yang sama. Di Filipina dikenal mobil ini bernama Isuzu Crosswind, di Vietnam bernama Isuzu Hi-Lander, dan di India bernama Chevrolet Tavera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here