Jenis Panci dan Cara Menghilangkan Kerak Gosong dengan Sunlight, Lakukan di Rumah!

0
127
panci baja karbon

Panci memang jadi salah satu peralatan dapur yang krusial dan penting saat memasak. Ada banyak sekali bentuk dan bahannya. Ada baiknya memilih panci yang sesuai dengan kebutuhan. Beda fungsi, beda pula bahan pembuat pancinya. Selain itu, penting juga menjaga kebersihan panci. Tentu panci dengan kerak gosong di bagian belakang membuatnya tidak enak dilihat. Salah satu tips yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan sunlight.

Jenis Bahan Panci atau Wajan

Namun, beda jenis bahan pancinya, berbeda pula fungsi dan cara membersihkannya. Berikut beberapa jenis panci yang perlu kamu tahu.

  • Aluminium

Panci yang berbahan dasar aluminium biasanya mudah ditemukan. Hal ini karena harganya relatif terjangkau. Panci aluminium ini ringan dan mudah menghantarkan panas, sehingga panasnya merata. Akan tetapi, jika panci ini terlalu panas, bisa membuat makanan jadi terasa pahit dan berwarna hitam karena terkontaminasi.

  • Baja Karbon

Panci atau wajan yang jadi favorit para koki adalah yang terbuat dari baja karbon ini. Sebab, panci berbahan dasar baja ini cocok digunakan untuk semua jenis masakan. Hanya saja, perawatannya cukup rumit, sehingga tidak efektif bila digunakan sehari-hari. Terlebih tidak boleh terlalu sering terkena sabun cuci piring seperti sunlight.

  • Stainless Steel

Hampir kebanyakan peralatan di dapur kita semua terbuat dari stainless steel. Alasannya sederhana, bahan dari stainless steel ini lebih tahan lama, perawatannya juga lebih mudah, serta cepat menghantarkan panas. Hanya saja, yang mejadi kekurangan adalah ketika kerak makanan terlalu kuat menempel sehingga sulit untuk dibersihkan.

  • Enamel

Panci atau wajan yang dilapis enamel memang terkesan mewah namun lebih berat. Karena lapisannya cukup tebal membuat panci ini tidak akan bereaksi pada makanan, panasnya secara perlahan dan merata, serta tahan panas.

Cara Membersihkan Kerak Hitam pada Panci / Wajan

Kerak hitam pada panci atau wajan disebabkan oleh suhu api yang tidak sesuai sehingga membuat wajan cepat gosong.

Jika panci sudah digunakan, jangan lupa membersihkan dengan baik. Gunakan sabun cuci piring Sunlight Jeruk Nipis 100 agar semua noda terangkat. Sebab sabun cair ini memiliki kandungan ekstrak jeruk nipis asli yang memang efektif untuk membersihkan panci secara menyeluruh.

Namn, apabila kerak hitam sudah sangat membandel dan lengket sekali, berikut beberapa cara membersihkan wajan yang gosong dengan mudah.

  • Gunakan Cuka

Siram cuka pada dasar wajan yang memiliki kerak hitam membandel lalu diamkan beberapa menit. Cuka yang mengandung asam asetat akan membuat kerak hitam mudah digosok. Setelah itu cuci dengan sunlight extra power hingga bersih.

  • Minyak sayur

Bisa juga dengan menggunakan minyak sayur untuk membersihkan panci atau wajan. Caranya dengan mengoles atau menyemprot minyak sayur setelah wajan dibersihkan. Hal ini akan membuat wajan jadi mengkilat serta mengurangi risiko kerak hitam menempel pada panci.

  • Jeruk Nipis

Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mendidihkan air, lalu masukkan air dalam wajan cukup besar agar wajan bisa masuk ke dalamnya. Kemudian, tuang sabun cuci piring ditambah jeruk nipis. Aduk hingga rata. Lalu, rendam wajan dengan kerak hitam di dalamnya semalam. Pagi harinya, cuci wajan dengan Sunlight extra power hingga bersih.

  • Baking Soda

Bisa juga dengan menggunakan baking soda yang dicampurkan dalam air, lalu oleskan di bagian bawah wajan yang gosong. Tunggu beberapa jam hingga kerak meluruh maksimal. Barulah dilanjutkan dengan sunlight agar bersih sempurna. Silakan dicoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here